10 Istilah Internet

  1. EMAIL adalah singkatan dari electronic mail alias surat elektronik. Di Internet, kertas sudah tidak diperlukan lagi, jadi untuk mengirim surat, menggunakan peralatan yang bernama email.
  2. World Wide Web (www atau disebut web) adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yangberguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). Melalui web kitamengakses informasi-informasi global baik berupa teks, gambar, suara, dll.
  3. E-Commerce / Electronic Commerce (e-business) merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan (misalnya transaksi bisnis) secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual – beli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital.
  4. Gopher adalah, Program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher.
  5. Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain diInternet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database.
  6. File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).
  7. Archie adalah indeks – daftar isi – dari semua file yang dapat diakses oleh pengunjung pada jaringan komputer tertentu.
  8. Newsgroup adalah kelompok diskusi maya di internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi warta.
  9. Mailing list adalah forum diskusi yang menggunakan e-mail sebagai sarananya
  10. Internet Relay Chat (IRC) adalah program yang populer di kalangan para internet surfer untuk melakukan “chatting” atau obrolan antara sesama surfer di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar